Berbagai Model Design Dapur Sederhana

Dapur merupakan satu bagian dalam rumah yang menjadi perhatian utama bagi sebagian orang. Kelayakan dapur menjadi salah satu syarat kenyamanan rumah setelah bagian kamar mandi dan kamar utama. Maka tak ayal dapur sangat diperhatikan model dan kebersihannya. 

Beberapa design dapur sederhana kini hadir sebagai pelengkap bagi furniture rumah. Memperindah dapur sangat diperlukan karena kebanyakan dapur di gabung dengan ruang makan, oleh karena itu dapur juga terkadang sebagai salah satu area dalam rumah yang digunakan untuk berkumpul para tamu. Jika memiliki dapur sederhana dengan design elegan tentu akan menenangkan mata dan pastinya akan semakin giat untuk melakukan tugas ibu rumah tangga, yaitu memasak. 

Model standar untuk  design dapur yang sederhana sangat beragam macamnya. Namun yang terpenting dalam dapur yang menggambarkan kenyamanan dapur dengan luas terbatas namun menghasilkan dapur yang elegan salah satunya harus memperhatikan design penyimpanan, pencahayaan dan perabotan.

Di dapur serigkali pengguna meletakkan berbagai barang kebutuhan disembarang tempat dan berserakan sehingga tidak enak untuk dipandang. Untuk menciptakan dapur sederhana yang elegan sebaiknya tetapkan tempat penyimpanan yang baik untuk berbagai kebutuhan dapur mulai dari bahan olahan makanan hingga tempat penyajian makanan. Jika dapur berukuran kecil dan tidak memungkinkan untuk menggunakan kabinet ukuran standar atau laci-laci, sebaiknya gunakan fungsi dinding sebagai tempat penyimpanan. Gunakan kabinet kecil yang bisa digantung dan diletakkan lebih tinggi dari tinggi pengguna dapur atau dari tinggi standar kabinet gantung pada umumnya. Pastikan fungsi dinding kokoh dan dapat menaungi beberapa furniture maupun perabotan di dalam dinding. Namun walaupun begitu jangan tutup semua dinding di dapur dengan cabinet atau perabotan lainnya karena justru akan mengesankan kesan kumuh.

Selain itu, pencahayaan juga harus diperhatkan yaitu dengan cahaya yang cukup, jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap. Pastikan cahaya bersinar putih bukan kuning atau warna lain. Selain pencahayaan tentu cat dinding dapur memiliki peran tambahan dengan kombinasi warna cerah sehingga pencahayaan yang masuk ke dalam dapur cukup membantu proses memasak dan menyiapkan makanan. Disamping itu perabotan juga sebaiknya gunakan yang kecil, sesuaikan dengan ukuran dapur. Jangan sampai menggunakan design untuk rumah klasik menjadi cerminan membuat dapur untuk model design dapur sederhana. Kesederhanaan dapur dengan design minimalis akan semakin ergonomis jika kita mengetahui perabotan apa saja yang dibutuhkan sesuai fungsinya. Karena sesungguhnya kenyamanan dapur dengan design dapur sederhana maupun design klasik berasal dari kerapihan dan kebersihan tata letak penempatan perabotan.

1 comment:

Unknown said...

Mantap!! Dapur sederhana memang cocok untuk ruang yang terbatas. Namun perlu diketahui kalo dapur sederhana rupanya bisa di'sulap' dengan mudah agar bisa menjadi dapur berkesan mewah. Caranya? Ada beberapa cara yang bisa diaplikasikan seperti yang diberikan dalam http://bit.ly/1jKcggN . Salahsatu caranya adalah dengan mengganti material lantai dapur.

Post a Comment