Teknik Desain Dapur Minimalis Modern



Desain Dapur Minimalis Modern
Dapur adalah sumber kehangatan dalam sebuah rumah, baik secara faktual maupun secara kiasan. Secara faktual, sumber kehangatan bersumber dari pancaran panas api biru dari kompor gas atau arang menyala pembakar sate atau lampu di tengah ruangan. Secara kiasan, kehangatan terjadi karena disinilah acapkali antara suami isteri atau antara ibu dan anak belajar memahami masing-masing orang yang mereka cintai. Suami bisa memahami bahwa isteri sudah berusaha menyediakan nasi goreng terbaik meski terlalu pedas bila menyaksikana langsung proses pembuatannya di dapur. Si anak bisa mengerti mengapa ia harus menghormati sayur bayam dan telor goreng yang dihidangkan ibunya pagi-pagi sebelum berangkat kerja bila melihat kerepotannya langsung di dapur. Karena makanan sangat penting dalam kehidupan, sehingga keberadaan dapur menjadi topik utama sebuah keluarga. Bila anda sedang membangun sebuah rumah baru, maka wajib tahu tips dan trik desain dapur minimalis modern.

Seberapapun sibuknya anda dan seberapa tinggi jabatan anda di sebuah perusahaan, jika anda masih seorang isteri atau ibu, maka anda pasti pernah berurusan dengan dapur. Yang perlu anda perhatikan dalam desain dapur pertama kali adalah pastikan semua peralatan mempunyai tempat penyimpanan yang mudah dijangkau, aman dan tidak membutuhkan ruang luas. Jangan menumpuk perabotan memasak secara acak dan asal, jangan menempatkan penggorengan pada tempat yang anda meraihnya harus jinjit atau naik ke kursi. Jangan pula ketika sedang memasak dan membutuhkan garam, anda harus berlari sepuluh langkah untuk meraihnya. Pendek kata, perlu pengetahuan agar anda memahami cara desain dapur minimalis modern. Output pengetahuan ini adalah agar tercipta dapur yang indah, tetapi praktis dan mendukung segala kegiatan anda yang berhubungan dengan masak memasak. Bahkan, lebih dari itu, bisa menghangatkan hubungan keluarga yang dingin atau mendamaikan pertengkaran anak-anak yang bisa meruncing.

Desain Dapur Modern Minimalis dengan Kitchen Set


Rata-rata dapur desain modern dan minimalis memakai kitchen set. Alasannya praktis dan ekonomis. Anda hanya perlu satu peralatan dan tidak perlu merangkai berbagai peralatan menjadi satu. Ada cantolan tempat meletakkan kuping wajan, ada sekat-sekat tempat menempatkan piring dan gelas, ada kotak tempat kaleng bumbu, ada laci tempat menyimpan buku resep masakan favorit keluarga. Pastikan semua peralatan mempunyai ruangan yang cukup untuk tersimpan, jangan sampai menumpuk atau berantakan. Kan tidak lucu bila anda membuka satu laci dan tiba-tiba pancinya jatuh terguling atau gelasnya menggelinding dan pecah. Mood anda jadi jelek, bila memaksakan memasak bisa menghasilkan sayur kurang garam atau es campur yang asin. Desain dapur minimalis modern harus mampu membantu sang koki membangun mood yang baik dan semangat kerja yang optimal demi menciptakan masakan yang yummi dan menarik selera.

Bolehkah menyatukan dapur dengan meja makan? Boleh saja, bahkan ada tiga keuntungan sekaligus. Pertama, anda bisa langsung menghidangkan masakan bila sudah matang ke meja hanya dalam dua atau tiga langkah saja. Kedua, tidak perlu ruangan khusus untuk meja makan. Ini cukup menghemat ruangan rumah minimalis. Ketiga, anak-anak atau suami bisa membantu memasak, tidak hanya duduk cemberut menunggu masakan matang sambil duduk berpangku tangan.

Dapur Minimalis Modern dengan Kursi dan Meja Antik


Bagaimana kalau anggota keluarga anda banyak alias keluarga besar, misalnya suami isteri plus lima anak dan dua kakek nenek plus seorang tamu keluarga? Dengan kata lain, butuh meja besar dan kursi banyak, sesuatu yang mungkin tidak bisa disediakan oleh dapur minimalis. Kalau anggota keluarga besar karena kedatangan tamu atau keluarga jauh, alternatifnya adalah memindahkan sebagian kursi ke taman belakang.

Untuk memastikan dapur menjalankan fungsinya sebagai tempat memproduksi makanan yang sehat, pastikan dapur dan peralatannya higienis alias bersih dari kuman dan kotoran. Selalu tempatkan tempat sampah tempat membuang bungkus mi atau sayuran basi. Lebih baik bila anda menempatkan tiga tempat sampah sekaligus, yaitu warna kuning, hijau dan merah. Tempat sampah warna kuning untuk sampah anorganik seperti botol, plastik, besi, dan kaca. Kantong warna hijau untuk sampah organik seperti sayur basi, buah-buahan busuk, daun jati bekas pembungkus tempe, koran bekas pembungkus bandeng, atau besek kecil tempat kue moci. Kantong warna merah untuk sampah B3 alias bahan beracun dan berbahaya seperti tinta bekas, baterai bekas, dan bahan yang mengandung merkuri. Pastikan kantong-kantong tersebut segera dikosongkan setiap pagi dan sore, sehingga tidak menumpuk dan menimbulkan bau busuk. Dapur yang harum, bersih, terang, hangat dan indah adalah tujuan utama dapur minimalis modern.

No comments:

Post a Comment