Cara Terbaik Memilih Warna Cat Rumah Minimalis


Berbagai Warna Pilihan Cat Rumah Minimalis
Apa kelebihan rumah minimalis dibandingkan dengan rumah modern? Rumah minimalis mempunyai karakter yang sederhana dan fungsional tetapi tetap indah dan elegan. Sedangkan rumah modern mempunyai ornamen yang cenderung rumit dan berat. Rumah minimalis menghabiskan anggaran sesedikit mungkin tetapi tidak melupakan etika dan estetika. Sementara rumah modern cenderung menekankan pada fungsi “gebyar” alias mewah, karena memang tipe tersebut mempunyai keleluasaan yang lebih pada budget dan ruangan. Perabotan yang dipakai pada rumah minimalis misalnya, sangat memperhatikan manfaatnya, berbeda dengan furniture pada rumah modern yang lebih menekankan penampakan indahnya.
Tips memilih warna cat rumah minimalis juga bertitik tolak dari pedoman bahwa warnanya harus sederhana, selaras dan serasi dengan keseluruhan interior, tidak terlalu memberatkan anggaran, tetapi tetap indah dan elegan. Rata-rata pemilik rumah minimalis hanya menerapkan satu warna pada keseluruhan bagian. Ini dimaklumi, mengingat anggaran untuk membeli cat satu warna dalam volume sekaligus bisa dihemat, karena sangat mungkin anda akan memperoleh harga miring atau diskon. Berbeda bila anda membeli beberapa warna dalam volume kecil dari berbagai merek, maka anda akan sulit menghemat. Apalagi ketersediaan warna tertentu tidak selalu ada di pasaran. Misalnya anda menginginkan warna biru langit dari merek A, ternyata hanya ada satu kaleng padahal anda membutuhkan tiga saat itu juga. Pilihannya adalah mencampur warna biru langit dari merek B, atau berkeliling seluruh toko bangunan untuk memperoleh merek dan warna yang sama, atau menunggu sekian minggu agar toko tersebut kulakan lagi. Ketiga-tiganya merupakan pilihan yang sebisa mungkin dihindari. Jadi pastikan anda memperoleh warna yang sama yang anda butuhkan dari satu merek saja. Meski sama-sama berwarna biru langit, tetapi karena produsennya berbeda warna aslinya pun kalau sudah kering akan terlihat tidak sama, alias kurang menyatu.
Seorang Pekerja sedang Mengecat Rumah Minimalis


Apa warna pilihan untuk rumah minimalis idaman anda? Tergantung selera anda. Warna putih sangat familiar tetapi tidak bagus. Dinding rumah memang tampak bersih dan netral, tetapi kesan yang tampak adalah kaku, dingin dan kuno. Rumah tidak tampak bergairah. Auranya tenggelam. Anda harus menempatkan warna putih sebagai nomor pertama cat rumah yang harus anda jauhi.
Warna hitam boleh jadi seram dan gelap, tetapi benarkah demikian? Belum tentu. Warna hitam bisa memberi kesan mistis dan tidak sama dengan yang lain. Aneh tetapi mengundang perhatian. Hitam akan menyembunyikan kekotoran, tetapi tidak menghilangkan. Faktanya, tidak banyak orang yang memilih warna ini. Akan banyak pertanyaan yang harus anda jawab. Jadi kecuali anda suka dengan hal-hal mistis dan gelap, warna hitam juga harus anda hindari. Meskipun menggoda, ia harus anda tempatkan pada nomor dua dalam daftar yang harus dihindari dalam tips memilih warna cat rumah minimalis.
Pilihan favorit mayoritas pemilik rumah adalah warna cerah. Sebut saja kuning, biru langit, hijau muda, oranye dan pink. Sebaiknya anda mempelajari psikologi masing-masing warna. Warna biru langit mengesankan kedamaian dan ketenangan. Bila anda ingin rumah minimalis yang damai dan sejuk, biru langit adalah warna nomor pertama. Jika anda mau memberi kesan rumah yang mendorong keberanian, warna hijau muda adalah pilihan utama. Andai anda hendak memberi kesan optimis, maka warna kuning adalah alternatifnya. Kalau kesan mewah dan anggun yang ingin anda tampilkan, maka warna ungu ada dalam daftar pertama. Sedangkan warna jingga akan memberi kehangatan, ceria dan mudah berkawan.
Cat dan Perlengkapannya untuk Rumah Minimalis


Warna lain seperti coklat dan abu-abu bisa jadi pertimbangan dalam tips memilih warna cat rumah minimalis.  Warna coklat akan menampilkan kesan ketenangan dan ketenteraman. Sedangkan warna abu-abu memberi kesan nyaman dan luas.
Untuk menentukan warna mana yang menjadi pilihan, sebaiknya anda sekeluarga membicarakannya bersama. Harus ada kata sepakat apakah menggunakan satu warna yang sama untuk seluruh ruangan, atau menggunakan warna yang berbeda-beda. Bila tidak terjadi kata sepakat, pilihan paling mungkin adalah warna yang sama untuk seluruh ruangan utama tetapi berbeda-beda untuk kamar tidur masing-masing anggota keluarga.

No comments:

Post a Comment