Strategi Utama Model Rumah Minimalis Sederhana


Model Rumah Minimalis Sederhana
Rumahku adalah surgaku, baiti jannati, demikian ungkapan yang sering kita dengar. Rumah adalah tempat kita menghabiskan waktu yang cukup besar, bercengkerama bersama anggota keluarga, melepas penat, menemukan inspirasi, menambah semangat setelah lelah bekerja, menerima tamu, dan menjalin komunikasi dengan tetangga dan handai taulan. Begitu strategisnya fungsi rumah sehingga kita rela menghabiskan banyak uang untuk mendapatkannya. Namun di zaman yang serba sulit ini, ketika harga tanah semakin tinggi, harga bahan bangunan terus melambung, dan upah pekerja juga terus naik, maka memiliki rumah mewah dan indah hanya angan-angan bagi sebagian besar orang. Yang realistis adalah, bila anda termasuk kelas menengah dengan pendapatan per bulan antara satu hingga enam juta per bulan, maka pilihan paling mungkin adalah memiliki model rumah minimalis sederhana. Ini adalah kombinasi antara menyatukan gagasan dengan kenyataan, menyiasati antara kegunaan dengan anggaran.
Jangan salah, rumah minimalis sederhana tidak idem ditto dengan rumah yang jelek dan kecil. Ini adalah strategi mendapatkan rumah yang memberi manfaat seoptimal mungkin bagi penghuninya di tengah keterbatasan. Kesan minimimalis justru menjadi tantangan dan daya tarik tersendiri untuk menjelajahi lebih jauh. Bentuknya biasanya memajang, tetapi tidak selalu. Bentuk tersebut memberi anda kesempatan untuk lebih melebarkan berbagai pilihan dalam merencanakan desain interior tertentu yang hendak anda tempatkan. Jadi, tantangan utama dalam model rumah minimalis sederhana adalah memperoleh rumah yang indah dan fungsional dengan anggaran yang seminimal mungkin.
Tips Utama Mendesain Model Rumah Minimalis Sederhana
Faktanya, anda tidak selalu bisa memilih kedua kebaikan secara bersama-sama. Misalnya mendapatkan furniture yang baik, indah dan kuat dengan harga yang miring. Seringkali anda memperoleh perabotan tersebut dengan harga cukup tinggi. Pada situasi seperti ini, anda dituntut untuk mendepankan prioritas, apakah fungsinya bisa digantikan oleh mebel lain dengan harga yang lebih murah? Cobalah untuk membandingkan dengan harga furniture di beberapa toko yang terdekat dengan tempat anda. Model rumah minimalis sederhana menuntut otak anda lebih keras berfikir dan bekerja.
Soal lain misalnya anda memerlukan rak untuk menyimpan barang-barang. Pilihannya adalah rak besar dari kayu yang tentu saja memerlukan banyak ruang. Solusinya, pilihlah rak solid yang mempunyai pintu sekaligus cermin. Dengan kata lain: pilih perabotan yang multi fungsi atau multi tasking, bisa melaksanakan dua fungsi sekaligus. Contohnya banyak sekali. Selain lemari berkaca, anda juga bisa memilih meja rias sekaligus dengan peralatan rias dan kaca untuk berdandan. Atau sofa dari kayu yang bagian bawahnya sekaligus menjadi tempat rak buku. Atau tangga ke lantai atas yang bagian bawahnya menjadi tempat lemari pakaian. Kulkas yang pintunya anda tempeli resep masakan. Lemari buku besar yang menjadi pembatas ruangan. Dan lain-lain dan lain-lain, banyak kreativitas yang lahir dari kesempitan.
Rumah Minimalis Sederhana Model Terbaru
Yang tidak kalah penting adalah memberi kesan luas dari warna dinding. Pemilihan warna dinding rumah minimalis yang tepat bisa memberi kesan ruangan lebih luas dan nyaman, tetapi bila pilihan anda salah, kesan rumah bisa bertambah sempit dan kusam. Tipsnya adalah memilih warna cerah dan senada dengan keseluruhan interior atau perabotan. Pilihannya bisa warna biru langit, hijau muda, merah muda, atau abu-abu. Warna putih cocok untuk langit-langit atau plafon. Warna yang lebih gelap seperti coklat bisa anda terapkan ke lantai marmer. Pilihlah yang bermotif, jangan coklat polos. Di tengah ruangan anda bisa menempatkan lampu hias bergantung yang besar dan terang. Tetapi tidak perlu terlalu ramai dan heboh modelnya. Beberapa lukisan bisa anda tempatkan pada dinding anda, juga jam dinding atau foto keluarga.

Anda bisa memilih dan menerapkan beberapa tips model rumah minimlias diatas sesuai dengan keadaan rumah dan anggaran anda. Tidak terlalu mudah tetapi tidak juga amat sulit untuk mewujudkan model rumah minimalis sederhana idaman anda dan keluarga.

No comments:

Post a Comment