7 Tips Desain Ruang Tamu Minimalis Sederhana


Ruang Tamu Minimalis Sederhana
Begitu saudara kita, teman kita, tetangga kita masuk rumah, maka bagian pertama kali yang mereka kunjungi adalah ruang tamu. Inilah “duta” rumah kita, ibarat sebuah sosok, ruang tamu adalah wajah, bila ia berantakan dan kumuh tanda wajah kita masam dan kecut, bila ia bersih dan rapi, maka ia tampak seperti wajah yang penuh senyum. Maka membuat ruang tamu minimalis sederhana penting bagi para pemilik rumah. Kita ingin membuat kesan pertama yang bagus kepada siapapun yang bertamu. Kesan yang nyaman dan merasa diterima adalah tujuan utama mendesain ruang tamu. Bahkan ada bila rumah anda tidak terlalu luas, ruang tamu bisa menjadi tambahan atau bahkan sekaligus ruang keluarga. Di sana kita banyak menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Bagi orang berpenghasilan pas-pasan, rumah bertipe minimalis adalah pilihan yang tepat. Rumah tipe 36 atau 45 adalah dua pilihan paling populer di kelas ini. Maklum saja, harga tanah makin menggila,bisa berlipat-lipat melonjaknya dalam beberapa tahun saja. Keunggulan tipe 36 atau 45 adalah harga cenderung murah, tetapi kita perlu desain ulang agar tidak terlalu sempit dan tampak seperti kapal yang berantakan.

Bagaimana cara mendesain ruang tamu di rumah dengan luas tanah yang tidak terlalu memberi keleluasaan? Ini 7 tips desain ruang tamu minimalis sederhana yang bisa anda coba:

#1. Usahakan sedikit saja sekat tembok

Mengapa? Sekat tembok sukar digeser! Dan terutama, tebalnya yang bisa mencapai 30 senti, cukup memakan ruang yang banyak. Apalagi membangunnya butuh waktu lama dan biaya tinggi. Jadi lupakan sekat tembok.

#2. Untuk mengganti sekat tembok, pilihlah tirai atau lemari yang besar

Pilihlah tirai yang tebal dengan warna cerah. Pilihan ini bagus kalau anda ingin memberi ruang agak besar. Pilihan sekat berupa lemari besar adalah tepat  bila anda mempunyai beberapa lemari yang setipe. Tempatkan punggung lemari sebagai sekat. Tetapi biar tidak terkesan kumuh, berilah warna pada lemari tersebut, jangan biarkan polos begitu saja sama seperti saat membeli dari toko furniture. Usakan cat punggung lemari tidak norak, tetapi tetap bisa bersatu dengan cat temboknya.

Ruang Tamu sekaligus Ruang Keluarga

#3. Anda bisa menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga

Ini bukan pilihan ideal, sebab kedua fungsi dua jenis kamar tersebut berbeda. Namun bila terpaksa melakukannya, anda perlu memutar otak lebih kreatif untuk menciptakan ruang tamu minimalis sederhana. Bila harus menaruh televisi di ruangan ini, cobalah televisi layar datar yang tidak terlalu memakan ruangan banyak. Ini penting agar kesan sempit tidak muncul di benak para tamu.

#4. Ruang tamu di luar ruangan

Lebih tepatnya di teras. Bila rumah anda terletak di dekat jalan raya, ini pilihan yang tidak disarankan. Sebab tentu suara kendaraan yang lalu lalang akan membuat suara bising dan sangat mengganggu. Bila rumah anda agak ke dalam, bertetangga dengan rumah lain atau taman atau pekarangan, membuat ruang tamu minimalis sederhana di teras tidak terlalu salah. Anda cukup menempatkan beberapa kursi dan satu buah meja.

#5. Rekomendasi warna cat

Warna dinding ruang tamu perlu mendapat perhatian. Untuk bagian ini, warna yang cerah dan muda sangat direkomendasikan untuk cat dinding ruang tamu anda. Pilihannya sangat banyak, misalnya putih, biru langit, biru laut, hijau muda, hijau telur asin, atau warna pastel. Satu hal yang harus anda hindari adalah warna gelap seperti coklat kopi atau biru tua. Sebab ini akan membuat rumah anda gelap dan kelam tak punya masa depan. Kecuali anda sedang membangun rumah hantu, maka pilihan warna gelap, hitam dan menakutkan ini harus anda coret.
Ruang Tamu Minimalis Sekaligus Ruang Televisi


#6. Pilihan Furniture

Bagaimana memilih furniture untuk ruang tamu minimalis kita? Kursi rotan, kursi bekas roda yang antik atau sofa busa biasa dapat menjadi beberapa alternatif. Yang penting mebel tersebut dapat menjalankan fungsinya dan tidak terlalu memerlukan banyak ruang. Jenis yang harus anda hindari adalah kursi plastik, karena tamu pasti bertanya-tanya ada hajatan apa?  Masih mending kalau bertanya siapa yang menikah? Lha kalau nanya siapa yang meninggal – kan sangat gak enak.

#7. Desain Ruang Tamu

Sebelum merombak, anda perlu melihat dan membandingkan beberapa desain ruang tamu minimalis sederhana agar hasilnya maksimal. Anda bisa mencarinya di majalah-majalah desain interior luar negeri, atau cukup dari koran lokal edisi minggu, atau lebih mudah lagi melalui dunia maya. Banyak situs-situs yang mengulas desain rumah minimalis sederhana termasuk ruang tamunya. Anda bisa mengumpulkan beberapa dan memilih yang paling pas dan sesuai dengan keadaan rumah anda dan juga kantong anda. Selamat berkreasi.

No comments:

Post a Comment